Aquascape

Jenis Tanaman Aquascape Untuk Pemula

Jenis Tanaman AquascapeAquascape merupakan seni mengatur tanaman air, karang dan sejenisnya yang sedang populer beberapa tahun terakhir. Sebab, tampilan aquascape sangat menajubkan untuk menyempurnakan ruangan di rumah. Jika kalian tertarik menekuni hobi aquascape ini, simak terlebih dahulu jenis tanaman aquascape yang perawatannya mudah dan cocok untuk pemula.

Jenis Jenis Tanaman Aquascape

1. Tanaman Aquascape Java Moss

Java Moss adalah jenis tanaman yang paling sering digunakan di dunia aquascape. Sebab, tanaman java moss ini cukup tangguh dan tidak mudah mati.

Java Moss dapat tumbuh dengan subur di air bersuhu 21 hingga 24 derajat Celsius, tanaman ini juga sangat cocok untuk pemula karena tidak membutuhkan pencahayaan khusus.

2. Jenis Tanaman Hygrophila Difformis

Hygrophila Difformis atau yang lebih dikenal water wisteria merupakan tanaman aquascape yang cocok untuk pemula sebab bisa tumbuh di air bersuhu 23 sampai 28 derajat Celsius dengan pencahayaan yang sedang. Selain itu, tanaman aquascape ini juga bisa tumbuh tanpa CO2 tambahan.

3. Tanaman Aquascape Amazon Sword

Amazon Sword adalah tanaman aquascape yang berbentuk seperti pedang. Jenis tanaman yang umum digunakan di dunia aquascape ini dapat tumbuh di suhu 22 sampai 28 derajat Celsius dengan pencahayaan yang moderat. Karakteristik dari tanaman ini yakni memiliki bentuk yang lebar, oleh sebab itu tanaman ini sering ditempatkan di bagian belakang.

4. Lilaeopsis

Jenis tanaman Lilaeopsis yang mirip seperti rumput ini sangat cocok dijadikan “karpet” akuarium. Selain itu, perawatan dari tanaman aquascape ini juga cukup mudah sehingga cocok untuk pemula.

Namun, kalian harus sering memangkasnya secara rutin karena tanaman ini dapat tumbuh hingga 5 cm.

5. Anubias Nana

Anubias Nana adalah tanaman yang bisa kalian temukan dengan mudah di sungai. Anubias Nana dapat tumbuh hingga 15 cm di dalam air berusuhu 22 sampai 28 derajat Celsius.

6. Java Fern

Java fern merupakan tanaman yang berasal dari Asia Tenggara dan tidak membutuhkan jenis subtrat khusus, tambahan CO2 maupun pupuk. Tanaman Java Fern ini dapat tumbuh dengan lebat dan cepat di ekosistem yang ideal.

7. Bacopa SP Colorata

Jenis tanaman aquascape lainnya yakni Bacopa SP Colorata atau bacopa pink. Tanaman yang cukup mencolok dengan warna hijau ini cocok kalian tempatkan di bagian tengah aquarium.

Namun, tanaman Bacopa SP Colorata ini membutuhkan pencahayaan dan karbon dioksida yang berukuran sedang untuk merawatnya.

8. Dwarf Baby Tears

Dwarf Baby Tears merupakan jenis tanaman aquascape terkecil yang berasal dari Kuba. Tanaman Dwarf Baby Tears ini cocok digunakan sebagai ‘karpet’ atau foreground sama seperti dwarf baby tears, lilaeopsis.

Tanaman Dwarf Baby Tears ini sangat cocok untuk pemula karena tidak membutuhkan perawatan khusus. Namun, pastikan kalian memberi pencahayaan tinggi karena jika tidak tanaman ini dapat tumbuh ke atas untuk mencari pencahayaan.

9. African Water Fern

African Water Fern adalah tanaman aquascape yang cukup mudah perawatannya. Namun, tanaman African Water Fern ini sangat memerlukan pencahayaan yang tinggi. Oleh sebab itu, pastikan aquascape kalian memiliki pencahayaan yang tinggi dan akuarium yang besar.

10. Ludwigia Repens

Tanaman Ludwigia Repens atau creeping primrose-willow yang berasal dari Amerika ini cocok untuk menghias aquascape di rumah kalian.

Batang dari tanaman Ludwigia Repens yang dapat merayap hingga 30 cm ini memiliki daun yang tersusun saling berlawanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button