Tips dan Trik

Cara Menghilangkan Iklan di PC

Halaman ini akan memberikan solusi bagaimana cara menghilangkan iklan di PC / laptop yang tiba-tiba muncul, iklan pop up, serta iklan di Google Chrome tanpa aplikasi.

Saat ini, iklan pop up yang tiba-tiba muncul di laptop atau PC adalah hal yang sering terjadi. Hal ini dikarenakan, setiap pebisnis pasti menginginkan barang atau jasa yang diiklankan laku sehingga banyak orang yang menggunakan layanan pemasang iklan online. Namun bagi sebagian orang, iklan dianggap sangat menggangu.

Penyebab Iklan Tiba-tiba Muncul di PC

Iklan pop up ataupun iklan lainnya yang tiba-tiba muncul tanpa sepengetahuan pengguna biasanya disebabkan oleh aplikasi bajakan yang telah disisipkan adware. Software bajakan yang ada di internet sering kali disisipi iklan, hal ini bertujuan agar pengembang aplikasi mendapat penghasilan tambahan dari iklan yang muncul. Pertanyaanya, bagaimana cara menghilangkan iklan yang yang tiba-tiba muncul di PC? yuk simak ulasannya.

Cara Menghilangkan Iklan yang Tiba-Tiba Muncul di PC

Banyak faktor yang menyebabkan iklan tiba-tiba muncul ketika menyalakan koneksi internet di PC atau laptop diantaranya virus hingga aplikasi bajakan yang disisipkan adware. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi iklan yang tiba-tiba muncul di PC atau laptop:

1.Uninstall Aplikasi Mencurigakan

Jika Anda sering menginstall aplikasi bajakan di laptop atau PC, besar kemungkinan hal ini yang menyebabkan iklan muncul. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya:

  • Pertama, buka Control Panel > Pilih Uninstal a program.
  • Selanjutnya, pilih aplikasi yang berkemungkinan terjangkit adware.
  • Jika sudah ketemu, klik kanan pada aplikasi tersebut lalu pilih Uninstall.
  • Tunggu hingga aplikasi berhasil di uninstall.
  • Selesai

Jika terdapat lebih dari satu aplikasi yang mencurigakan, ulangi langkah-langkah di atas. Tapi ingat, jangan menghapus aplikasi Microsoft Visual C++ serta aplikasi Microsoft lainnya.

2.Lakukanlah Scanning Virus

Selain melalui internet, virus juga bisa datang dari flashdisk yang digunakan atau aplikasi bajakan yang pernah diinstall. Berikut cara menghilangkan iklan yang disebabkan oleh virus dengan menggunakan Windows Defender:

  • Pertama, buka aplikasi Windows Defender atau aplikasi anti virus lainnya yang ada di PC atau laptop.
  • Selanjutnya, pilih Scan Now.
  • Tunggu hingga proses scanning selesai.
  • Langkah selanjutnya, hapus semua virus yang terdeteksi oleh Windows Defender.
  • Selesai.

3.Hapus File Temporary

File temporary adalah kumpulan file yang tersimpan secara otomatis ketika menggunakan PC atau laptop. File temporary ini bertujuan untuk menyimpan data aplikasi beserta iklan secara otomatis. Berikut langkah menghilangkan iklan:

  • Pertama, tekan tombol Windows+R.
  • Selanjutnya, ketikkan temp lalu tekan enter.
  • Maka akan terlihat folder serta file temporary, hapus semua file dan folder tersebut.
  • Jika sudah terhapus, langkah selanjutnya tekan tombol Windows+R lalu ketikkan %temp% > tekan tombol enter.
  • Hapus semua file dan folder yang ada di jendela baru tersebut.
  • Jika sudah terhapus, restart PC atau laptop Anda.

Cara Menghilangkan Iklan di Google Chrome Tanpa Aplikasi

1. Langkah pertama, klik ikon titik tiga > pilih Setelan.

Cara Menghilangkan Iklan Pada Laptop

2. Setelah itu, pilih Lanjutan yang ada pada bagian paling bawah.

Cara Menghapus Iklan di Internet

3. Selanjutnya, gulir ke bawah pilih Bersihkan komputer.

Cara Menghilangkan Iklan Yang Muncul di Desktop

4. Klik Temukan untuk memulai proses pemindaian iklan atau pun adware.

Cara Menghilangkan Iklan Pop Up

5. Tunggu hingga proses pemindaian selesai.

Cara Menghilangkan Iklan di Google Chrome Tanpa Aplikasi

Jika Google Chrome menemukan malware yang yang mencurigakan dan berbahaya bagi komputer atau laptop, akan terdapat pilihan untuk menghapus dan memasukkan ke dalam karantina.

Cara Mencegah Iklan Malware di PC

Cara mencegah iklan atau pun malware di komputer atau laptop cukup mudah, berikut ini beberapa metode yang bisa Anda lakukan agar laptop, PC atau Google Chrome tidak terserang malware.

  1. Jangan download file atau pun software yang mencurigakan: Terdapat beberapa situs web yang memang dirancang untuk menyebarkan malware atau iklan berbaya dengan cara menyisipkan file unduhan dengan malware. Pastikan Anda mendownload software dari situs terpercaya dan hindari mendownload aplikasi bajakan.
  1. Gunakan Google Chrome versi terbaru: Selain memiliki fitur pembersih malware dan iklan berbahaya, Google Chrome juga bisa mendeteksi file berbahaya yang berkemungkinan disisipi malware dan memutus proses download file yang dianggap mencurigakan.
  1. Install program antivirus di komputer atau laptop: Jika Anda masih ragu apakah komputer atau laptop terserang virus atau tidak, gunakan program antivirus tambahan agar PC, laptop dan Google Chrome terbebas dari serangan malware dan iklan berbahaya.

Nah, itulah tadi beberapa cara menghilangkan iklan di PC / laptop yang tiba-tiba muncul, iklan pop up, serta iklan di Google Chrome tanpa aplikasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button