KomputerTips dan Trik

Cara Mengatasi USB Device Not Recognized

Bingung Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca? Berikut Tutorial Jitu Cara Mengatasi USB Not Recognized Paling Mudah di Windows 10, 8 dan Windows 7 Beserta Cara Mengembalikan Data File yang Hilang di Flashdik.


Cara Mengatasi USB Device Not Recognized – Banyak kendala yang sering terjadi pada flashdisk seperti tidak terbaca hingga muncul pemberitahuan USB Device Not Recognized. Jangan khawatir, karena pada kesempatan kali ini kami akan membahas cara mengatasi flashdisk yang tidak terbaca dengan mudah.

Flashdisk tidak terbaca atau USB Device Not Recognized adalah kesalahan yang cukup sering terjadi pada laptop atau PC yang menggunakan Windows 7, 8, atau 10 yang mengakibatkan data flashdisk tidak terbaca.

Cara Mengatasi USB Not Recognized

1. Restart Komputer

Restart Komputer

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan restart komputer atau laptop. Hal ini bertujuan untuk me-refresh PC atau laptop yang bekerja terlalu berat.

Selain itu, cabut semua USB yang sedang terpasang pada port USB agar kinerja perangkat lebih ringan. Jika langkah ini belum berhasil, coba langkah selanjutnya di bawah ini.

2. Perbaiki USB Root Hub

Langkah selanjutnya untuk mengatasi USB Device Not Recognized yakni dengan melakukan perbaikan USB Root Hub, berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama, tekan tombol Windows + R secara bersamaan.
  2. Ketik devmgmt.msc seperti pada gambar di bawah ini, lalu enter.
devmgmt.msc
  1. Selanjutnya, klik Universal Serial Bus controllers.
  2. Klik kanan pada USB Root Hub, lalu pilih Properties.
USB Device Not Recognized
  1. Pilih menu Power Management seperti pada gambar di bawah ini.
USB Root Hub Properties
  1. Centang kolom Allow the computer.
  2. Kemudian pilih OK.
  3. Selesai.
Jika Anda memiliki lebih dari satu USB Root Hub, cukup ulangi langkah-langkah di atas.

Setelah mengikuti langkah di atas, colokkan kembali flashdsik yang tidak terbaca ke komputer atau laptop untuk mengecek apakah sudah bisa terbaca atau tidak.

3. Perbarui Driver USB

Perbarui Driver USB

Metode selanjutnya untuk mengatasi USB Not Recognized adalah dengan memperbarui driver USB. Hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja USB Hub. Berikut cara memperbarui driver USB di PC:

  • Pertama, tekan tombol Windows+R pada keyboard secara bersamaan.
  • Ketikkan devmgmt.msc lalu tekan tombol Enter.
  • Selanjutnya, carilah Unknown Device.
  • Jika sudah ketemu, klik kanan lalu pilih Update Driver.
  • Lalu, klik Search Automatically.
  • Tunggu beberapa saat hingga.
  • Selanjutnya pilih Update Driver.
  • Selesai.

Jika proses update driver USB berhasil, silahkan sambungkan kembali flashdisk yang tidak terbaca tadi ke laptop atau PC Anda.

4. Lakukan Scan for Hardware Change

Lakukan Scan for Hardware Change

Apakah Anda masih mengalami USB tidak terbaca atau USB Not Recognized? Jika ya, cobalah lakukan scanning di PC atau laptop. Hal ini, bertujuan untuk melakukan refresh otomatis pada hardware yang mengalami perubahan. Berikut cara mengatasi USB Not Recognized:

  • Pertama, tekan tombol Windows + R secara bersamaan.
  • Ketikkan devmmgmt.msc lalu tekan Enter.
  • Selanjutnya pada pilihan menu klik Action, lalu klik Scan for hardware changes.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses refresh berhasil.
  • Selesai.

Setelah berhasil melakukan proses scanning, silahkan hubungkan kembali flashdisk yang tidak terbaca ke komputer atau laptop dan lihat apakah masih muncul pemberitahuan USB Not Recognized atau tidak.

5. Ubah USB Selective Suspend Settings

  1. Pertama, buka Control Panel lalu pilih Power Options.
Power Options
  1. Klik Change plan settings.
Change Plan Settings
  1. Selanjutnya klik Change advanced power settings.
Change advanced power settings
  1. Klik USB settings lalu tekan tanda + di USB selective suspend setting.
USB selective suspend setting
  1. Ubah pengaturan USB menjadi Disabled.
Disable both On battery
  1. Selanjutnya klik OK lalu Apply.

Cara Mengembalikan Data yang Hilang di Flashdisk

Cara Mengembalikan Data yang Hilang di Flashdisk

Apakah Anda pernah mengalami data flashdisk tiba-tiba hilang? dan bingung bagaimana cara mengembalikan data yang hilang di flashdisk? jangan khawatir disini kami juga akan membahas cara mengatasi data flashdisk yang hilang dan cara mengembalikannya.

Banyak software yang bisa digunakan untuk mengembalikan data yang hilang di flashdisk, namun pada kesempatan kali ini kami akan menggunakan aplikasi bernama EaseUS. Jadi sebelum memulai langkah-langkah di bawah ini, download terlebih dahulu aplikasi EaseUS.

1. Buka Aplikasi EaseUS

Langkah pertama, sambungkan flashdisk ke port USB di komputer atau laptop lalu buka aplikasi EaseUS yang sudah di download tadi. Pilih USB flashdisk yang ditandai sebagai removable disk, kemudian klik Scan.

Run USB data recovery software

2. Pindai Semua File di Flashdisk yang Hilang

Tunggu beberapa saat hingga EaseUS Data Recovery Wizard memindai seluruh data yang hilang di flashdisk. Setelah proses pemindaian selesai, klik menu Filter lalu All Files agar semua data flashdisk yang hilang ditampilkan.

Scan All Lost Files from USB

3. Kembalikan Semua Data File yang Hilang

Langkah selanjutnya centang file-file yang ingin dikembalikan atau centang semua data file agar lebih mudah. Kemudian klik tombol Restore yang ada pada bagian bawah. Pilih lokasi folder dari data file yang ingin dikembalikan lalu klik OK.

Restore All Lost Files from USB

Tunggu beberapa saat sampai proses restore berhasil. Jika sudah cek kembali file yang sudah di restore tadi apakah sudah benar atau belum. Sebaiknya simpan file yang di restore tadi ke lokasi yang aman.

Nah itulah tadi rangkuman Cara Mengatasi USB Not Recognized Paling Mudah di Windows 10, 8 dan Windows 7 Beserta Cara Mengembalikan Data File yang Hilang di Flashdik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button