Tips dan Trik

Cara Mengatasi Printer Not Responding

Printer Not Responding? Berikut Cara Mengatasi Printer Not Responding Paling Mudah Beserta Cara Install Driver dan Reset Printer Menggunakan Software Resetter.

Printer not responding merupakan permasalan yang cukup sering terjadi pada berbagai jenis dan merek printer. Pada contoh kasus printer not responding ini kami menggunakan printer Canon Pixma iP2770. Penyebab printer not responding bisa terjadi karena printer mengalami kerusakan crash atau masalah pada driver corrupt sehingga perangkat lunak tidak merespon perintah dari komputer atau laptop.

Pada kasus printer Canon iP2770 not responding biasanya terjadi karena resetter tool rusak, tidak cocok, hingga prosedur yang salah ketika melakukan reset printer menggunakan resetter.

Reset printer menggunakan software resetter berfungsi untuk mengembalikan printer ke kondisi normal dan memeriksa apakah ada komponen printer yang rusak atau tidak.

Namun, masih banyak orang yang tidak mengetahui cara me-reset printer sehingga memilih me-reset printer melalui teknisi komputer terdekat. Cara mengatasi printer not responding dapat Anda coba sendiri (resiko ditanggung pengguna), tapi jangan khawatir karena cara mengatasi printer not responding ini sangat mudah dan dapat diterapkan oleh orang awam sekalipun.

Cara Mengatasi Printer Not Responding

1. Install Ulang Driver Printer

Sebelum menginstall ulang driver printer, sebaiknya pastikan driver printer yang lama benar-benar terhapus. Saran kami gunakan aplikasi yang dikhususkan untuk meng-uninstall driver, contohnya CCleaner. Aplikasi CCleaner mampu menghapus driver beserta semua data dan registry.

Namun jika tidak ingin menggunakan software pihak ketiga, Anda bisa menggunakan fitur uninstaller bawaan yang ada pada sistem operasi Windows, berikut caranya:

  • Langkah pertama, buka Control Panel.
  • Pilih Uninstall a program.
  • Selanjutnya, cari lalu pilih driver yang ingin di uninstall dengan cara klik kanan lalu pilih uninstall.
  • Tunggu hingga proses uninstall driver selesai.

Lakukan metode di atas, jika driver printer mengalami corrupt atau crash. Pastikan driver printer benar-benar terhapus, dan restart ulang komputer atau laptop agar tidak menyisakan file sisa driver printer yang di uninstall tadi.

2. Reset Printer Menggunakan Resetter

Resetter adalah software yang bisa digunakan untuk me-reset printer tertentu, namun software resetter dibuat oleh pihak ketiga. Oleh sebab itu, melakukan reset printer menggunakan resetter cukup beresiko tersisipi virus. Jadi sebaiknya Anda konsultasi terlebih dahulu dengan teknisi printer terpercaya.

Download Resetter Printer Canon IP2770-MP237-MP287

Jika Anda tetap ingin menggunakan software resetter printer ini, pastikan komputer atau laptop terpasang antivirus gratis ataupun berbayar dan sesuaikan juga software resetter dengan printer yang Anda gunakan. Berikut cara reset printer menggunakan resetter:

1. langkah Pertama

  • Langkah pertama, matikan printer.
  • Hubungkan kabel power ke stopkontak dan kabel data USB ke komputer atau laptop.
  • Sediakan setidaknya dua lembar kertas pada printer.

2. Cara Masuk ke SERVICE MODE Pada Printer

  • Selanjutnya, tekan dan tahan tombol STOP atau RESET.
  • lalu tekan dan tahan tombol POWER.
  • Kemudian, lepaskan tombol STOP/RESET (jangan melepaskan tombol POWER).
  • Setelah itu, tekan tombol STOP/RESET sebanyak 6 kali berturut-turut.
  • Terakhir, lepaskan POWER dan tombol STOP/RESET secara bersamaan.

Setelah melakukan langkah di atas, printer akan masuk ke service mode state dan komputer atau laptop akan mendeteksi printer sebagai perangkat baru.

3. Cara Reset Printer Menggunakan Resetter

Cara Reset Printer Canon IP2770 Resetter
  1. Jalankan software resetter printer ServiceTool_v3400.exe.
  2. Pada bagian Clear Ink Counter, pilih Main lalu klik Set.
  3. Tunggu beberapa saat sampai printer mencetak halaman yang berisi teks D=000*0.
  4. Setelah printer selesai mencetak halaman, pilih Main pada bagian Ink Absorber Counter lalu klik Set.
  5. Tunggu beberapa saat, kemudian klik tombol “EEPROM” yang ada pad bagian atas “Print”.
  6. Tunggu beberapa saat sampai printer mencetak halaman yang berisi tulisan TTL=00000 dan COPY=00000.
  7. Langkah selanjutnya, matikan printer dengan cara tekan tombol POWER.
  8. Selesai, kini printer siap digunakan kembali.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, silahkan uji coba printer dengan cara mencetak gambar dan teks. Pastikan printer dapat memprosesnya dengan cepat. Jika masalah printer not responding kembali terjadi, kemungkinan software resetter yang digunakan tidak cocok dengan printer yang digunakan.

Demikian pembahasan mengenai cara mengatasi printer not responding beserta cara install driver dan reset printer menggunakan resetter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button