KomputerTips dan Trik

Cara Mengatasi Blue Screen Windows 7

Laptop atau PC Tiba-tiba Blue Screen? Berikut Cara Mengatasi Blue Screen Windows 7 dan Penyebab Blue Screen Windows 7.

Blue screen adalah salah satu permasalahan yang cukup sering terjadi bagi pada laptop atau PC yang menggunakan sistem operasi Windows. Blue Screen of Death (BSOD) atau yang lebih dikenal blue screen merupakan kondisi dimana layar laptop atau PC hanya menampilkan warna biru ketika dinyalakan. Banyak faktor yang bisa menjadi penyebab blue sreen Windows 7 salah satunya hardware atau software mengalami kerusakan.

Penyebab Blue Screen Windows 7

Penyebab blue screen di komputer atau laptop yang menggunakan sistem operasi Windows7 biasanya disebabkan oleh hardware ataupun software yang crash. Crash pada laptop atau PC adalah kondisi dimana Windows bertemu dengan Error STOP, hal inilah yang kemudian menyebabkan Windows tidak berkerja dengan semestinya.

Selain pada Windows 7, blue screen juga bisa terjadi pada Windows 8 dan 10. Permasalahan ini memang sangat menjengkelkan karena komputer atau laptop akan merestart tiba-tiba sehingga Anda tidak ada kesempatan untuk menyimpan data yang sudah dikerjakan. Tampilan blue screen biasanya ditandai dengan layar monitor yang berubah warna biru dan terdapat tampilan tentang crash pada Hardisk yang disebut Minidump.

Cara Mengatasi Blue Screen Windows 7

Cara pertama untuk mengatasi permasalahan blue screen adalah sebagai berikut:

1. Restart Komputer atau Laptop

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan merestart PC atau laptop terlebih dahulu, selanjutnya tunggu hingga PC atau laptop selesai melakukan booting. Jika kerusakan pada laptop atau PC tidak terlalu parah, proses booting akan normal seperti biasanya. Namun, jika kerusakan yang dialami cukup parah, maka Anda bisa melakukan cara mengatasi blue screen pada langkah kedua berikut ini:

2. Menggunakan Cara System Restore

Jika langkah di atas tidak bisa mengatasi blue screen, Anda bisa melakukan System Restore seperti berikut ini:

  1. Matikan komputer atau laptop.
  2. Selanjutnya, tekan tombol power sambil menekan dan tahan tombol F8 untuk masuk ke menu booting.
  3. Pilih Safe Mode, lalu tunggu beberapa saat hingga booting safe mode selesai.
  4. Setelah masuk ke booting safe mode, tekan tombol start Windows > buka Control Panel > lalu System & Security > Action Center > Recovery > Open System Restore > Next > Next > Finish > Yes.
  5. Setelah itu, PC atau laptop akan secara otomatis melakukan restart.
  6. Selesai.

3. Repair System Operasi Windows

Jika langkah-langkah di atas belum berhasil mengatasi blue screen Windows 7, Anda bisa menggunakan metode Repair System Operasi Windows. Metode Repair System Windows ini bisa Anda lakukan untuk mengatasi blue screen yang disebabkan oleh file windows yang corrupt. Cara repair system ini memerlukan DVD yang berisi operasi system Windows 7.

4. Update Driver Laptop atau PC

Selain beberapa metode di atas, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi blue screen Windows 7 yaitu dengan memperbarui driver pada laptop atau PC. Berikut ini cara memperbarui driver pada Windows 7:

  1. Download aplikasi Driver Booster.
  2. Setelah selesai, instal aplikasi Driver Booster seperti biasanya.
  3. Buka aplikasi Driver Booster lalu pilih scan.
  4. Tunggu hingga aplikasi melakukan proses scan hardware.
  5. Setelah itu, pilih Update.
  6. Tunggu hingga proses download dan update driver selesai.
  7. Selesai.

5. Scan Malware Windows 7

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk memperbaiki Blue Screen Windows 7 yaitu dengan melakukan Scan Malware. Malware juga dapat menjadi penyebab kerusakan pada sistem operasi Windows 7. Caranya sangatlah mudah, cukup lakukan scan malware menggunakan antivirus bawaan Windows atau menggunakan antivirus pihak ketiga seperti AVG, Avast ataupun Norton.

6. Periksa Hardware PC / Laptop

Jika beberapa metode di atas masih belum bisa mengatasi Blue Sceen pada Windows 7, sebaiknya cek hardware pada laptop atau PC apakah hardware dalam kondisi rusak atau tidak. Cek pada bagian Hard Disk dan RAM, jika Anda ragu untuk melakukannya silahkan bawa laptop atau PC ke service center terdekat di kota Anda.

7. Instal Ulang Windows

Jika PC atau laptop masih mengalami Blue Screen, Anda bisa melakukan install ulang Windows. Install ulang Windows ini bertujuan membangun ulang struktur pada laptop atau PC yang menggunakan Windows khususnya Windows 7 yang mengalami kerusakan seperti Blue Screen.

Demikian beberapa cara mengatasi Blue Screen Windows 7 serta penyebab Blue Screen pada Windows 7. Jika beberapa metode di atas tidak berhasil, saran kami sebaiknya bawa komputer atau laptop ke service center terdekat di kota Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button