GadgetTips dan Trik

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di Android

Berikut Tutorial Lengkap Cara Mengatasi Aplikasi yang Tidak Bisa Dibuka di Android Serta Penyebab Aplikasi Tidak Terpasang di Android.

Aplikasi merupakan bagian terpenting pada smartphone maupun tablet Android. Aplikasi memiliki 2 jenis yakni aplikasi bawaan sistem dan aplikasi pihak ketiga.

Aplikasi bawaan sistem adalah suatu program yang sudah ada saat membeli smartphone seperti pesan, galeri, kamera dan lain sebagainya. Sedangkan aplikasi pihak ketiga adalah aplikasi yang diinstal oleh pengguna pada smartphone Android seperti WhatsApp, Twitter dan lainnya.

Bagaimana cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa dibuka di Android? apa penyebabnya? Permasalahan seperti ini memang sering terjadi pada pengguna Android yang mengalami aplikasi tidak bisa dibuka sama sekali.

Aplikasi yang tidak bisa dibuka di Android, ditandai dengan munculnya pemberitahuan error seperti berikut ini:

  • Sayangnya, aplikasi telah berhenti.
  • Aplikasi tidak menanggapi.
  • Aplikasi terus berhenti.
  • Aplikasi terhenti.
  • Force close, not enough memory.
  • Not responding.
  • Com.android.process telah berhenti.

Jika smartphone Android Anda muncul pesan seperti di atas, jangan panik cukup lakukan beberapa langkah di bawah ini untuk mengatasi aplikasi tidak bisa dibuka di Android. Selain tanda di atas, aplikasi yang tidak bisa dibuka biasanya juga muncul pesan seperti force close, Not Enough Memory, hingga aplikasi yang tidak bisa dibuka.

Cara Mengatasi Aplikasi yang Tidak Bisa Dibuka di Android

Banyak faktor yang bisa menjadi penyebab aplikasi tidak bisa dibuka seperti file cache aplikasi yang tidak pernah dihapus, memori penyimpanan Android penuh, kerusakan pada aplikasi itu sendiri. dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas bagaimana cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa dibuka di Android, seperti berikut ini:

1. Hapus Cache

Metode pertama yang bisa dilakukan yaitu dengan menghapus cache dari aplikasi yang tidak bisa dibuka. Cache adalah kumpulan file dari aplikasi yang tersimpan di smartphone Android. File cache sifatnya tidak merusak sebuah aplikasi karena hanya kumpulan file sementara dan bukan file inti. Berikut cara menghapus cache aplikasi di Android tanpa software:

  1. Pertama, masuk menu setelan lalu pilih aplikasi.
  2. Setelah itu, cari aplikasi yang tidak bisa dibuka tersebut lalu klik hapus cache.
  3. Kemudian, coba buka kembali aplikasi tersebut.
  4. Selesai.

Selain menggunakan cara di atas, Anda juga menggunakan aplikasi penghapus cache di Android yakni Clean Master. Fungsi aplikasi Clean Master yaitu mampu menghapus file-file cache dari suatu aplikasi yang ada pada smartphone Android.

2. Hapus Data dan Paksa Berhenti Aplikasi

Jika menghapus cache aplikasi tidak bisa mengatasinya, maka cara yang ampuh untuk mengatasi aplikasi tidak terbuka yaitu dengan menghapus data dan memaksa aplikasi untuk berhenti. Berikut cara menghapus data dan paksa berhenti di Android:

  1. Masuk ke menu Setelan lalu pilih aplikasi.
  2. Selanjutnya cari aplikasi yang tidak bisa dibuka tadi.
  3. Kemudian, pilih Paksa Berhenti atau Force Close lalu Hapus Data.
  4. Langkah selanjutnya, coba buka kembali aplikasi tadi.

3. Perbaharui Aplikasi Android

Selain dua metode di atas, cara ampuh untuk mengatasi aplikasi tidak bisa terbuka yaitu dengan memperbaharui aplikasi di smartphone Android. Update aplikasi adalah metode yang cukup penting karena dapat menyempurnakan aplikasi sehingga aplikasi tidak akan mengalami bug atau kerusakan pada sistem. Cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa terbuka di Android dengan memperbaharui aplikasi, seperti berikut ini:

  1. Pertama buka aplikasi Play Store.
  2. Setelah itu, pilih Aplikasi dan game saya.
  3. Pada menu ini, akan terlihat daftar aplikasi yang memerlukan pembaharuan.
  4. Cari aplikasi yang tidak bisa dibuka.
  5. Kemudian pilih update.
  6. Tunggu beberapa saat hingga aplikasi selesai diperbaharui.
  7. Selesai.

Setelah melakukan pembaharuan, cobalah untuk membuka aplikasi yang tidak bisa dibuka tadi. Jika metode ini masih belum bisa mengatasinya, Anda bisa mencoba cara selanjutnya.

4. Instal Ulang Aplikasi Android

Jika beberapa cara di atas tidak bisa mengatasi masalah aplikasi tidak bisa dibuka, maka cara selanjutnya adalah dengan melakukan instal ulang aplikasi tersebut. Perlu diingat, dengan melakukan langkah ini maka semua data yang ada pada aplikasi tersebut akan hilang. Jadi sebaiknya pikirkan ulang, namun jika Anda ingin melakukannya simak langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi Play Store.
  2. Setelah itu, cari aplikasi yang tidak bisa dibuka tadi.
  3. Kemudian pilih Uninstal.
  4. Tunggu beberapa saat hingga proses uninstal aplikasi berhasil.
  5. Jika sudah, instal kembali aplikasi yang telah dihapus tadi.
  6. Selesai.

5. Install Aplikasi Versi Sebelumnya

Biasanya para pengguna smartphone Android selalu mendownload aplikasi melalui Play Store, namun aplikasi yang tersedia hanya versi terbaru saja. Cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa dibuka di Android yaitu dengan mendownload aplikasi versi sebelumnya melalui situs download APK terpercaya yakni APKPURE. Berikut cara mengatasinya:

  1. Silahkan kunjungi situs APKPURE disini.
  2. Setelah itu, cari aplikasi yang tidak bisa dibuka tadi.
  3. Pilih versi aplikasi sebelumnya lalu pilih download APK.
  4. Tunggu beberapa saat hingga proses download APK selesai.
  5. Langkah selanjutnya, instal aplikasi yang telah di download tadi.
  6. Selesai.

Jika beberapa langkah di atas masih belum bisa mengatasi masalah aplikasi tidak bisa dibuka di Android, besar kemungkinan masalah utamanya terletak pada sistem operasi Android di smartphone Anda. Kami sarankan sebaiknya Anda membawa smartphone ke service center terdekat di kota Anda.

Demikian Beberapa Cara Mengatasi Aplikasi yang Tidak Bisa Dibuka di Android Serta Penyebab Aplikasi Tidak Terpasang di Android.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button