Tips dan Trik

Cara Memperbaiki Printer Canon IP2770

Printer Canon Error? Berikut Cara Memperbaiki Printer Canon IP2770 Beserta Indikator Masalah Lampu Kedap Kedip.

Hingga kini, printer canon masih menjadi pilihan setiap orang karena harganya yang cukup terjangkau, awet dan mudah perawatannya. Meskipun harga printer Canon cukup murah, tapi hasil dari printer ini tidak kalah dengan printer dengan harga yang mahal. Jika Anda salah satu pengguna dari printer ini khususnya Canon IP2770, pastinya sudah mengenal masalah atau pun error dari printer ini seperti printer not responding, lampu indikator printer canon kedap kedip, hingga tinta printer tidak mau keluar.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang masalah pada printer Canon IP2770 yakni indikator kampu printer yang kedap kedip. Indikator lampu berkedip di printer Canon menandai bahwa printer tidak dalam keadaan normal. Cara mengetasinya cukup mudah yakni dengan mencari tahu penyebabnya lalu atasi sesuai dengan prosedur yang ada.

Cara Memperbaiki Printer Canon IP2770 Lampu Kedap Kedip

Sebelum mengatasi lampu berkedip pada printer Canon IP2770, pastikan Anda sudah menginstall driver printer Canon IP 2770 dengan benar. Berikut cara memperbaiki printer Canon IP2770 lampu kedap kedip:

Lampu Indikator Berkedip Ketika Printer Dinyalakan.

Pada masalah pertama ini, biasanya terjadi ketika printer sering di nonaktifkan secara paksa ataupun dalam keadaan mendadak. Berikut cara mengatasi lampu indikator printer Canon terus berkedip ketika dinyalakan:

  1. Pertama, cabut kabel power printer Canon.
  2. Selanjutnya, tekan dan tahan tombol power pada printer sambil menghubungkan kembali kabel power yang dicabut sebelumnya.
  3. Setelah itu. akan terlihat lampu indikator printer berwarna kuning.
  4. Lepas tombol power yang Anda tekan tadi pada langkah kedua.
  5. Selanjutnya untuk menyalakan printer Canon, tekan kembali tombol power.
  6. Selesai.
Cara di atas bisa Anda gunakan ketika arus listrik tiba-tiba terputus dan lampu indikator printer berkedip kembali.

Lampu Berkedip Berhubungan Dengan Tinta.

Permasalahan selanjutnya terjadi ketika printer Canon baru saja diisi tinta atau kehabisan tinta. Biasanya, printer Canon membutuhkan konfirmasi ketika tinta yang sebelumnya habis, sudah terisi kembali. Berikut langkah-langkah mengatasi lampu printer yang terus berkedip karena tinta :

  1. Jika lampu indikator tinta berkedip, tekan tombol Resume selama 1 hingga 2 menit.
  2. Selanjutnya, buka tutup printer Canon.
  3. Lepas lalu pasang kembali catridge printer.
  4. Langkah selanjutnya, matikan printer lalu nyalakan kembali.
  5. Tutup cover printer.
  6. Selesai.

Lampu Printer Berkedip 7 Kali.

Masalah lampu indikator berkedip tujuh kali dengan pergantian warna orange dan hijau menandai bahwa Ink Pad printer penuh. Cara mengatasi lampu printer Canon IP2770 kedap kedip, cukup bersihkan penyerap tinta yang ada pada bagian bawah printer atau Anda bisa mengganti busa tersebut jika tidak bisa dibersihkan. Printer Canon harus di reset, berikut cara reset printer Canon IP2770.

Lampu Printer Berkedip 4 Kali.

Jika lampu indikator printer Canon berkedip dengan pergantian warna orange tiga kali dan warna hijau satu kali, artinya ada kerusakan pada hardware printer Canon. Ada dua langkah yang bisa dilakukan yaitu reset printer Canon IP2770 atau tekan tombol Resume. Jika tidak berhasil, bawa printer Canon ke service center.

Lampu Printer Berkedip 5 Kali.

Lampu printer canon berkedip dengan pergantian warna orange 4 kali dan warna hijau 1 kali, artinya Waste Ink Full. Cara memperbaikinya yaitu dengan mereset printer Canon. Setelah itu, cek keadaan tinta printer apakah penuh atau habis. Jika tinta dalam keadaan penuh, tekan dan tahan tombol power selama 1 hingga 2 menit.

Lampu Printer Berkedip 6 Kali.

Lampu printer Canon berkedip sebanyak 6 kali dengan pergantian warna orange 5 kali dan warna hijau 1 kali artinya, ada kerusakan pada catridge warna hitam di printer Canon. Cara mengatasi masalah printer Canon berkedip 6 kali yaitu dengan mengecek kembali catridge warna hitam. Jika catridge warna hitam rusak, Anda cukup mengganti catridge printer Canon dengan yang baru.

Banyak hal yang bisa menyebabkan permasalahan pada catridge printer Canon diantaranya chip IC rusak. Hal ini bisa saja terjadi jika chip tergores, tidak sengajak tersentuh, tinta yang tumpah, dan masih banyak lagi.

Lampu Printer Berkedip 8 Kali.

Lampu printer Canon berkedip 8 kali dengan pergantian warna orange 7 kali dan warna hijau 1 kali artinya ada kerusakan pada catridge printer. Berbeda dengan masalah printer sebelumnya, lampu printer berkedip 8 kali disebabkan oleh rusaknya catridge warna pada printer. Cara mengatasinya yaitu dengan mengganti catridge lama.

Lampu Printer Berkedip 9 Kali.

Cara mengatasi lampu indikator printer Canon berkedip 9 kali dengan penggantian warna orange 8 kali dan warna hijau 1 kali yaitu dengan melakukan reset ulang printer Canon. Penyebab dari masalah ini terletak pada ink tank printer yang penuh dan cara mengatasinya cukup lakukan reset ulang printer Canon.

Lampu Printer Berkedip 15 Kali.

Sama seperti poin sebelumnya, lampu printer berkedip 15 kali dengan pergantian warna orange 14 kali dan warna hijau 1 kali disebabkan rusaknya catridge pada printer, cukup ganti catridge lama dengan yang baru.

Kesimpulan

Lampu indikator pada printer Canon adalah sebagai tanda apabila terjadi error. Gunakan printer sewajarnya dan lakukan perawatan seperti cleaning agar printer lebih awet serta hindari printer dari kotoran ataupun debu.

Sebaiknya gunakan printer Canon dalam bentuk infus tinta agar Anda tidak perlu mengecek keadaaan tinta berulang-ulang. Dengan penggunaan infus tinta, catridge pada printer Canon tidak akan mengalami kehabisan atau kepenuhan tinta.

Nah itulah, beberapa cara memperbaiki printer Canon IP2770 lampu kedap kedip yang bisa menjadi referensi bagi Anda ketika terjadi error pada printer Canon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button