Tips dan Trik

Cara Cek Nomor NPWP Online

Mau Cek NPWP? Berikut Cara Cek Nomor NPWP Online Untuk Mengetahui Status Pajak Perusahaan atau Pribadi Beserta Cara Membuat NPWP Online.


Cek NPWP – Sesuai dengan peraturan pemerintah, setiap orang yang memiliki penghasilan, diwajibkan memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP yang berguna untuk mengetahui status pajak. Cara membuat NPWP saat ini sangat mudah karena bisa dilakukan secara online.

Setelah memiliki NPWP baik itu pribadi atau perusahaan, perlu dilakukan pengecekan kembali. Pertanyaan, bagaimana cara cek NPWP online? berikut ini kita akan membahasnya secara ringkas, Yuk simak sampai habis.

Apa Itu NPWP?

Cara cek NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak adalah dokumen resmi yang wajib dimiliki setiap orang atau perusahaan yang memiliki penghasilan. Hal ini sudah diatur dan ditetapkan dalam undang-undang nomor 16 tahun 2009.

Jika Anda sudah memiliki pekerjaan atau usaha, NPWP ini wajib Anda miliki. Saat ini, cara membuat NPWP cukup mudah dan gratis tanpa biaya sepeser pun. Selain itu, cara cek NPWP juga sudah bisa dilakukan secara online.

Cek nomor NPWP bisa Anda lakukan jika ingin tahu apakah NPWP sudah aktif atau belum. Nomor NPWP sangat penting dan rahasia, hanya pihak yang bersangkutan saja yang bisa mengaksesnya.

Pentingnya NPWP

Sebelum kita membahas cara mengecek NPWP online, sebaiknya Anda perlu mengetahui seberapa pentingnya NPWP selain untuk urusan perpajakan.

  • Tarif Pajak Lebih Rendah

Kelebihan memiliki NPWP yakni tarif pajak yang harus Anda bayar lebih rendah daripada mereka yang tidak memiliki NPWP karena tanpa NPWP Anda akan dikenakan tarif pajak 20% lebih tinggi dari total pajak.

  • Syarat untuk Membeli Produk Investasi

Anda tertarik untuk melakukan investasi? Jika demikian, NPWP wajib Anda miliki bila ingin melakukan investasi. Hal ini bertujuan untuk mencegah pencucian uang.

Cara Cek Nomor NPWP Online

Cek NPWP

Jika Anda sudah mendaftar NPWP online, itu berarti cara cek status NPWP juga bisa Anda lakukan secara online. Berikut ini cara cek nomor NPWP online:

1. Melalui Aplikasi DJP

Metode pertama yang bisa Anda lakukan yakni menggunakan aplikasi DJP. Jika Anda belum memiliki aplikasi DJP, silahkan download terlebih dahulu, aplikasi ini tersedia di Google Playstore dan App Store. Berikut cara mengecek nomor NPWP melalui aplikasi DJP:

  • Download, lalu instal aplikasi DJP.
  • Buka aplikasi DJP
  • Selanjutnya, masukkan akun yang sama saat pendaftaran NPWP.
  • Pada menu utama, Anda akan melihat nomor NPWP.
  • Buka dasboard.
  • Setelah masuk ke dasboard, kamu akan melihat identitas dan NPWP. (jika tidak muncul, berarti nomor NPWP belum aktif)
Jika nomor NPWP Anda tidak muncul di aplikasi DJP, itu berarti nomor NPWP Anda belum aktif. Langkah ini juga bisa Anda lakukan untuk mengecek NPWP pribadi atau perusahaan.

Jika NPWP belum aktif, sebaiknya Anda mendatangi pelayanan pajak untuk meminta konfirmasi dan memastikan untuk mengaktfikan nomor NPWP.

2. Melalui Website Resmi

Cara mengecek NPWP online juga bisa Anda lakukan melalui website resmi ereg.pajak.go.id. Berikut cara cek NPWP online melalui website kantor pajak:

  • Pertama, buka website resmi perpajakan ereg.pajak.go.id
  • Masukkan email atau nomor NPWP beserta password.
  • Pada menu utama, akan terlihat nomor NPWP apakah sudah aktif atau belum.
Jika nomor NPWP tidak muncu, Anda perlu mendatangi kantor pajak terdekat untuk meminta konfirmasi. Cara ini bisa Anda lakukan untuk mengecek nomor NPWP perusahaan atau pribadi.

Cara Membuat NPWP Online Pribadi & Perusahaan

Anda belum memiliki nomor wajib pajak? bingung bagaimana cara membuat NPWP? jangan khawatir, kini membuat NPWP sangatlah mudah dan cepat karena bisa dilakukan secara online. Berikut cara membuat NPWP online:

  1. Pertama, buka situs pajak ereg.pajak.go.id, masukkan email.
  2. Selanjutnya, periksa email verifikasi di email Anda.
  3. Pilih jenis NPWP pribadi atau perusahaan.
  4. Lalu daftar akun pajak Anda.
  5. Jika sudah, login menggunakan akun yang sudah Anda buat.
  6. Lengkapi formulir pengajuan NPWP sesuai dengan data diri.
  7. Pastikan semua formulir pengajuan NPWP sudah sesuai.
  8. Selanjutnya, klik tombol Token.
  9. Masukkan kode token yang telah dikirimkan ke email Anda.
  10. Selesai.
Pada bagian kolom Status Pusat Cabang, pilih PUSAT jika Anda seorang perempuan atau laki-laki lajang. Jika Anda sudah menikah, pilih Cabang.
Jika pengajuan NPWP Anda disetujui, maka kartu NPWP akan dikirimkan ke alamat yang telah Anda daftarkan tadi.

Mudah bukan? itulah tadi cara cek NPWP online lengkap dengan cara membuat NPWP pribadi atau perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button